Senin, 26 Desember 2011

Resensi Film The Social Network


Film Social Network ini adalah film tentang Mark Zuckerberg, seorang yang menjadi kaya di usia muda karena Facebook. Film ini bercerita tentang bagaimana orang sangat ingin diterima oleh sekelilingnya. Diceritakan bahwa pada tahun 2003, ada seorang mahasiswa Harvard University bernama Mark Zuckerberg (Jesse Eisenberg). Meskipun ia cerdas, mahir berkomputer, dan memiliki kekasih bernama Erica (Rooney Mara), tapi masih saja kesepian. Bahkan karena sifatnya itu, Erica memilih berpisah dari Mark dengan alasan karena Mark selalu menyendiri dan asyik dengan dunianya sendiri. Malamnya, di kamar yang redup, ia duduk di depan komputer dengan botol bir di sampingnya. Di situlah ia membuat situs Facemash, yang menjadi cikal bakal Facebook.

Setelah Facemash berganti nama menjadi Facebook, semua orang bisa berteman jika mereka memerlukan bantuan. Tapi, lama kelamaan ajang pergaulan global tanpa batas itu menjadi semakin curang. Jika seseorang merasa tak diperlukan lagi, maka temannya bisa memutuskan pertemanannya dengan orang itu. Ketika Facebook sudah dikenal luas, Mark tega meninggalkan Eduardo Saverin (Andrew Garfield), teman sekampus Mark yang ikut mendanai situs Facebook. BahkanMark bekerja sama dengan Sean Parker (Justin Timberlake). Mungkin karena itu, Mark menjadi kaya dengan Facebook-nya sementara polemik baru telah dimulai.

film ini bisa dikatakan menarik, karena tidak semata-mata membahas tentang sejarah Facebook, melainkan tentang bagaimana seseorang bisa menjadi buta oleh ambisinya untuk bisa diterima secara sosial.
Judul Film      : The Social Network
Sutradara       : David Fincher
Skenario         : Aaron Sorkin
Pemain           : Jesse Eisenberg, Rooney Mara, Armie Hammer, Andrew Garfield

Tidak ada komentar: