Selasa, 27 Desember 2011

Media Online


Media Online adalah media massa yang dapat kita temukan di internet. Sebagai media massa, media online juga menggunakan kaidah-kaidah jurnalistik dalam sistem kerja. 
Sebagian besar perbedaan jurnalistik media cetak dengan media online hanyalah pada masalah-masalah teknis.Dari segi sifatnya, ada satu kemiripan antara me-dia online dengan media elek-tronik seperti radio dan televisi. Mereka selalu dituntut untuk menyajikan berita yang paling /up to date/ secepat mungkin. Mereka juga biasanya tidak perlu menunggu hingga seluruh data ter-kumpul. Begitu ada data, walau hanya sedikit, mereka langsung melaporkannya. Jika ada perkembangan baru mengenai peristiwa tersebut, mereka melaporkannya lagi. Demikian seterusnya. Karena itu, aturan penulisan di dalam media online cenderung lebih bebas, tidak ter-lalu terpaku pada kaidah-kaidah bahasa dan jurnalistik yang berlaku umum.

TLD adalah singkatan dari Top level domain.TLD sendiri di artikan sebagai salah satu domain tingkat tinggi dari berpuluh atau ratusan ekstensi yang ada di dunia internet ini. Contoh=> com: komersil, net: network, org: organisasi. Domain regional adalah kata yang alami, menandai evolusi berikutnya dari internet yang dapat membuka sebuah dunia kemungkinan bagi individu dan perusahaan. Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan computer. Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimazion yang dalam bahasa Indonesianya dapat diartikan menjadi optimasi mesin pencari. Secara mudahnya SEO adalah sebuah upaya mendatangkan pengunjung dari mesin pencari (google, yahoo, bing dan sebagainya) ke dalam sebuah situs atau blog dengan kata kunci (keyword) tertentu yang diinginkan. SEM adalah adalah bentuk pemasaran internet yang berusaha  untuk mempromosikan situs web dengan meningkatkan visibilitas mereka di halaman hasil  mesin pencari.

Perkembangan jurnalistik dgn Internet kini berubah menjadi bentuk pelibatan. Pada beberapa media kemudian membuka ruang bagi warga untuk mengirimkan informasi dan pemberitaan, maka dalam tubuh media pun mengalami pergeseran, ruang media kini tidak hanya bagi wartawan dan pemilik modal saja, melainkan siapapun dapat turut serta dalam meng-create sebuah berita, meskipun tema-temanya masih ditentukan oleh media mainstream

Praktisi PR on the net  adalah penerapan dari perangkat informasi dan komunikasi. PR harus seorang yang handal dalam berselancar di dunia maya dan tahu ke mana saja mereka harus berselancar untuk membangun brand.

3A-3M : Apa, siApa, mengApa | bagaiMana, bilaMana, diMana.

Manfaat website :
·         Memperluas jangkauan promosi
·         Promosi terluas
·         Media pengenalan perusahaan

Tidak ada komentar: