Rabu, 25 Januari 2012

Muraqabah

Muraqabah adalah suatu keyakinan yang dimiliki seseorang bahwa Allah SWT senantiasa mengawasinya, melihatnya, mendengarnya, dan mengetahui segala apapun yang dilakukannya dalam setiap waktu, setiap saat, setiap nafas atau setiap kedipan mata sekalipun.  Muraqabah merupakan salah satu sifat yang harus dimiliki oleh seorang muslim. Karena dengan muraqabah inilah, seseorang dapat menjalankan ketaatan kepada Allah SWT dimanapun ia berada, hingga mampu mengantarkannya pada derajat seorang mukmin sejati. Demikian pula sebaliknya tanpa adanya sikap seperti ini, akan membawa seseorang pada jurang kemaksiatan kepada Allah kendatipun ilmu dan kedudukan yang dimilikinya. Inilah urgensi sikap muraqabah dalam kehidupan muslim dalam membina akhlaq al-karimah.
 Allah berfirman dalam al-Qur’an:

قَال الله تعالى : َوهُوَمَعَكُمْ اَيْنَ مَا كُنْتُمْ
Allah Ta’ala berfirman : Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.   (Qs Al Hadiid(57) :4) 

Adapun urgensi sifat muraqabah adalah sebagai berikut:
-Optimalnya ibadah yang dilakukan seseorang serta jauhnya ia dari kemaksiatan. Karena ia menyadari bahwa Allah senantiasa melihat  dan mengawasinya.
-Merasa dekat dengan dengan Allah
-Muraqabah merupakan sunnah perintah Rasul
-Di dalam kehidupan, muraqabah membentuk mental dan kepribadian seseorang sehingga ia menjadi manusia yang jujur. Karena kejujuran dan keikhlasan adalah dua hal yang harus direalisasikan dalam kehidupan yang sangat berpengaruh dalam diri kita sendiri.
 

Tidak ada komentar: