Kamis, 21 Juni 2012

Rahasia Dibalik Surat Al-Mulk

Rasulullah SAW bersabda, "terdapat satu surat di dalam Al-Qur'an yang terdiri dari 30 ayat (maksudnya surat al-mulk), surat ini akan menjadi pembela  bagi pembacanya hingga ia akan dimasukkan ke dalam surga". (HR. At Tabrani Dalam Kitab Khazinatul Asrar hal 169)


Di dalam kitab tersebut juga diterangkan, " Surat Tabarak (Al-Mulk) akan menjadi pembela, penyelamat dari siksa kubur". Dan beliau juga berkata, "aku berharap bila surat ini (al-mulk) berada didalam hati sanubari setiap orang mukmin".

Subhanallah, hadist yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW merupakan sebuah kabar gembira bagi kita sebagai umatnya, yang sangat mengharapkan keberkahan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Tidak perlu jauh-jauh bagi kita untuk membayangkan keselamatan di akhirat, bila kita di dunia mempunyai urusan di pengadilan tentu butuh adanya pembela dan pengacara agar kita selamat dari proses pengadilan yang akan menjerat kita. Maka di alam kubur yang merupakan gerbang pertama menuju alam akhirat, kita semua pasti lebih membutuhkan pembela yang bisa memberi rasa aman dari berbagai kekhawatiran yang akan dihadapi.

Lebih dari itu, pastilah kita tahu bahwa setiap kalimat atau ucapan yang sering kita lontarkan maka akan membentuk kepribadian kita. Maka itu kita sebagai orang tua / orang dewasa memberikan contoh yang baik bagi anak-anak kita dan melarangnya untuk berkata yang tidak sopan, karena ucapan tersebut akan berakibat negatif pada jiwa dan prilakunya. Mengutip perkataan Sayyid Muhammad Haqqi Muallif Khazinatul Asrar :

"Barang siapa yang membiasakan membaca surat al-mulk, maka karakter dari surat tersebut akan menular kepada pembacanya yang berupa pangkat dan posisi yang tinggi di akhirat"

Dengan niat yang baik, insya Allah akan muncul keberkahan di dalam sendi kehidupan yang kita jalani, baik keberkahan dalam rizki, umur, rumah tangga, karir akan terasa dibawah naungan surat al-mulk.

Tidak ada komentar: